Selasa, 22 November 2011

PROMOTING LESSON STUDY AS ONE OF THE WAYS FOR MATHEMATICS TEACHERS PROFESSIONAL DEVELOPMENT IN INDONESIA (The Reflection on Japanese Good Practice of Mathematics Teaching Through VTR, 2002-2005)


By: Dr. Marsigit, M.A.
Reviewed by: Ramadian Radite (09301244020)

Tujuan Utama Pembelajaran: Meningkatkan Pengembangan Profesional Guru melalui VTR dari Lesson Study. Tujuan: Mencerminkan Praktek yang Baik dari Inisiasi Pengajaran Matematika Jepang dan Sosialisasi Lesson Study Pengajaran Matematika.
Metode Pembelajaran:
1. Mengamati VTR tanpa komentar dari peneliti
2. Mengumpulkan komentar umum dari penonton
3. Mengulangi pengamatan VTR dengan beberapa komentar dari pelatih
4. Membahas aspek yang lebih spesifik dari pengajaran (refleksi)
5. Mengumpulkan dan menganalisis persepsi guru dari VTR dan Pengajaran dalam Proses Belajar (refleksi)

Refleksi Tentang Praktek Orang Jepang Dalam Pengajaran Matematika melalui VTR
VTR: Diproduksi oleh CREAR, Direct Network Nichibun
Pelajaran: Memilih Tugas sesuai dengan minat siswa (kelas 4)
Guru: Saito, Kazuya
Sekolah: Sekolah Dasar Ookayama, Kota Yokohama
Unit: Luas dari bidang banyak
Metode: Tugas berdasarkan minat siswa.

Tujuan Pembelajaran: siswa memahami rumus luas daerah dan mampu untuk menemukan luas daerah tersebut, siswa mampu menemukan daerah menggunakan pengetahuan dan pengalaman mereka, siswa juga mampu merumuskan metode untuk menemukan daerah jajaran genjang, siswa dapat menemukan luas Gambar mendasar secara efisien, siswa memahami metode untuk menemukan luas gambar mendasar. Persepsi Guru tentang Pengajaran Matematika di VTR: ini adalah model yang baik (100%), perlu disosialisasikan (80%), guru ingin membicarakannya dengan rekan-rekan guru setelah pelatihan (73,3%), model yang baik tetapi tidak mudah untuk menerapkannya (95%), guru kekurangan waktu untuk menerapkannya (53,3%), para siswa tidak siap (33,3%), keterbatasan anggaran merupakan salah satu kendala untuk melaksanakan itu (26,67%), kurangnya fasilitas pendidikan menjadi  kendala menerapkannya (47%), dengan waktu tambahan dan mengembangkan persiapan pelajaran, guru optimis untuk dapat menerapkannya (25,6%), kompetensi guru perlu ditingkatkan agar mampu mengimplementasikan model yang baik (42%).

Persepsi Guru tentang Mempromosikan Lesson Study untuk Pengembangan Profesional mereka: 80% akan membahas VTR dengan rekan-rekan mereka; 60% akan menyebarkan hasilnya kepada guru-guru lain; 40% akan membahas VTR di klub guru; 55% akan mencoba untuk meningkatkan pengajaran mereka meliputi: meningkatkan persiapan pelajaran, lembar kerja siswa, mengajar konten dan metodologi pengajaran. Rekomendasi untuk memperluas dan mengintensifkan kegiatan-kegiatan seperti: perlu skema formal, dukungan dari masyarakat pendidikan dan pemerintah, perlu untuk mengembangkan jaringan untuk kolaborasi, sumber daya pendidikan dan lingkungan pendukung, perlu untuk menguji kembali beberapa kebijakan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.