Oleh: Dr. Marsigit, M.A.
Reviewed by: Ramadian Radite (09301244020)
VTR (Video Tape Recorder) untuk pendidikan guru dan gerakan reformasi di Pendidikan Matematika, khusus untuk mengembangkan studi pelajaran memiliki beberapa manfaat sebagai: a) ringkasan pendek dari pelajaran dengan penekanan pada masalah-masalah utama dalam pelajaran, b) komponen pelajaran dan utama kejadian di kelas, dan, c) masalah yang mungkin untuk diskusi dan refleksi dengan guru mengamati pelajaran (Isoda, M., 2006). Menurut dia, Lesson Study dibagi menjadi tiga bagian:) perencanaan pelajaran, b) bagian observasi, dan, c) bagian diskusi dan refleksi.
Sejak awal 2000, ada kolaborasi antara universitas, lembaga pelatihan guru
dan Direktorat Depdiknas Pendidikan Menengah untuk meningkatkan kompetensi guru untuk mendukung pelaksanaan kurikulum berbasis kompeten (Kurikulum 2004). Pada awal masing-masing kegiatan, penulis memainkan Lesson Study VTR Jepang yang diproduksi oleh "CREAR" dari DIRECT NETWORK NICHIBUN, untuk mencerminkan persepsi guru dan memahami sejauh itu mempengaruhi kegiatan-kegiatan berikut guru.
dan Direktorat Depdiknas Pendidikan Menengah untuk meningkatkan kompetensi guru untuk mendukung pelaksanaan kurikulum berbasis kompeten (Kurikulum 2004). Pada awal masing-masing kegiatan, penulis memainkan Lesson Study VTR Jepang yang diproduksi oleh "CREAR" dari DIRECT NETWORK NICHIBUN, untuk mencerminkan persepsi guru dan memahami sejauh itu mempengaruhi kegiatan-kegiatan berikut guru.
Refleksi tentang praktek mengajar Matematika yang baik melalui VTR dari Jepang.
VTR: Diproduksi oleh CREAR, DIRECT NETWORK NICHIBUN
Pelajaran: Memilih Tugas sesuai dengan Minat Siswa itu (4 kelas)
Guru: Saito, Kazuya
Sekolah: Sekolah Dasar Ookayama, Yokohama
Unit: Luas dari model pesawat
Metode: Tugas berdasarkan kepentingan murid.
Tujuan:
· Siswa menghargai rumus untuk luas model dan bersedia untuk menggunakan rumus untuk menemukan luas tersebut.
· Siswa dapat menemukan luas yang dibuat dengan menggunakan yang terbaik dari pengetahuan mereka sebelumnya dan pengalaman.
· Siswa juga mampu merumuskan metode untuk menemukan daerah jajaran genjang.
· Siswa dapat menemukan luas gambar secara efisien.
· Siswa memahami metode untuk menemukan luas gambar yang mendasar.
Dalam masing-masing kerja kelompok, ada beberapa langkah yang mencerminkan mengajar mereka:
a) Pertama, mengamati VTR tanpa komentar dari pelatih
b) Kedua, mengumpulkan komentar-komentar umum dari penonton
c) Ketiga, mengulangi pengamatan VTR dengan beberapa komentar dari pelatih
d) Keempat, membahas aspek-aspek yang lebih spesifik dari pelajaran
a) Pertama, mengamati VTR tanpa komentar dari pelatih
b) Kedua, mengumpulkan komentar-komentar umum dari penonton
c) Ketiga, mengulangi pengamatan VTR dengan beberapa komentar dari pelatih
d) Keempat, membahas aspek-aspek yang lebih spesifik dari pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.